Vaksin Flu Mencegah Corona?


   Akibat banyaknya masyarakat yang percaya bahwa vaksin flu dapat mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19, persediaan vaksin flu di Indonesia semakin menipis. Nah pertanyaannya, benarkah vaksin flu dapat menegah infeksi virus Corona? Memang secara sekilas, gejala infeksi virus Corona terlihat mirip dengan gejala penyakit flu. Namun bukan berarti karena gejalanya mirip sehingga perlu diberikan cara pencegahan yang sama. Hal ini dikarenakan kedua penyakit tersebut disebabkan oleh 2 jenis virus yang sangat berbeda sehingga diperlukan cara pencegahan yang berbeda juga. Vaksin flu dirancang untuk menurunkan risiko infeksi virus penyebab flu musiman, bukan untuk infeksi virus Corona atau COVID-19. Walaupun begitu, setidaknya pemberian vaksin ini mampu mengurangi risiko terjadinya gejala infeksi virus Corona yang parah. Mengapa bisa demikian?

   Gejala yang disebabkan oleh virus Corona bisa bervariasi dari ringan hingga parah dan menyebabkan kematian. Semakin lemah daya tubuh seseorang, semakin besar kemungkinan gejala COVID-19 menjadi parah. Jika seseorang menderita flu, daya tahan tubuhnya akan lebih lemah dibandingkan ketika ia dalam kondisi sehat. Bila pada saat yang sama orang tersebut terinfeksi virus Corona, kemampuan tubuhnya untuk menghalau virus ini menjadi berkurang dan infeksi bisa berkembang menjadi parah. Jadi, vaksin flu boleh saja diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak, tetapi yang perlu diingat, vaksin ini tidak bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona. Langkah-langkah pencegahan COVID-19 yang dianjurkan oleh pemerintah Indonesia maupun oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih efektif untuk melindungi Anda dari virus Corona ketimbang pemberian vaksin flu.

   Selagi menunggu vaksin Corona, kamu bisa mencegah infeksi virus Corona dengan cara berikut :
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Mencuci tangan dengan benar
- Menjaga jarak dengan orang lain
- Menggunakan masker

   Jika kamu sakit, usahakan tidak keluar rumah kecuali untuk berkonsultasi dengan dokter. Lakukan juga vaksinasi untuk kamu dan keluarga dengan mendaftar secara online di Imunicare.

Imunisasi? Ya Imunicare!