Puasa Bisa Meningkatkan Imun Tubuh saat COVID-19


   Setidaknya sekarang sudah ada lebih dari 100 juta kasus infeksi virus COVID-19 di seluruh dunia. Meski vaksin COVID-19 sudah mulai digunakan, meningkatkan kekebalan atau imun tubuh tetap harus dilakukan. Puasa merupakan salah satu cara yang mampu meningkatkan imun tubuh saat pandemi seperti sekarang ini. Jika daya tahan tubuh kuat, tubuh akan mampu melawan penyakit berbahaya apapun termasuk infeksi virus COVID-19.

   Menjalankan ibadah dengan tepat dan disiplin membiasakan pola hidup sehat mampu memperbaiki fungsi tubuh dengan mengeluarkan racun di dalamnya. Terlebih lagi saat pandemi virus corona yang belum diketahui kapan akan berakhir, daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan, meski vaksin telah digunakan untuk membantu menangkal virus mematikan ini. Nah, agar Bunda bisa mendapatkan manfaat berpuasa dalam meningkatkan imun tubuh, coba ikuti tips sehat berpuasa berikut ini :
- Makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan saat sahur dan berbuka.
- Rutin berolahraga.
- Konsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang.
- Cukup beristirahat.
- Batasi konsumsi makan manis dan hindari makanan tinggi lemak, makanan atau minuman dengan kafein, serta minuman bersoda dan beralkohol.
- Cukupi kebutuhan cairan harian dalam tubuh.
- Mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan jika diperlukan.

   Perlu diketahui bahwa meski puasa bisa tingkatkan sistem imun tubuh, beberapa pengidap sejumlah masalah kesehatan justru tidak boleh melakukannya karena dapat menimbulkan risiko yang berbahaya. Ini termasuk diabetes, gangguan pernapasan kronis, kanker, penyakit kardiovaskular, serta penyakit ginjal.

   Selain berpuasa, Bunda juga dapat meningkatkan imun tubuh dengan melakukan vaksinasi. Sekarang mendaftar vaksinasi dapat dilakukan secara online di Imunicare.

Imunisasi? Ya Imunicare!