Imunisasi Sebabkan Demam pada Anak?


   Bunda, imunisasi wajib diberikan pada anak karena membantu mencegah anak dari serangan penyakit yang membahayakan, bahkan sampai mengancam nyawa sang anak. Sayangnya pemberian imunisasi menjadi momen yang sulit bagi orang tua, karena tidak tega melihat sang anak menangis ketika disuntik. Salah satu efek samping yang sering terjadi pada sebagian besar anak setelah diberikan imunisasi adalah demam. Sebenarnya, normalkah demam pada anak setelah diberikan imunisasi? Dan mengapa imunisasi menyebabkan demam pada anak?

   Pada dasarnya, imunisasi itu dibuat dengan menggunakan bagian dari penyakit dengan tujuan untuk memberitahu tubuh sang anak agar membuat antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Tujuan utamanya adalah melindungi sang anak sehingga tidak terserang penyakit tersebut. Misalnya Bunda memberikan imunisasi flu untuk anak. Apabila anak terkena flu, tubuh anak akan mengenali gejala flu dan kemudian membentuk cara ataupun senjata yang tepat untuk melawan penyakit flu.

   Reaksi ringan yang muncul setelah pemberian imunisasi menunjukkan bahwa imunisasi yang diberikan mulai bekerja pada tubuh sang anak. Munculnya reaksi berupa demam ini sebenarnya menjadi tanda bahwa tubuh anak sedang membuat antibodi yang nantinya akan digunakan tubuh untuk melawan penyakit tersebut. Biasanya, reaksi ringan ini akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari setelah pemberian imunisasi. Reaksi ringan yang mungkin terjadi ketika anak diberi imunisasi termasuk :
- Memar pada area tubuh yang disuntik
- Anak menjadi lebih rewel dan mudah menangis
- Demam ringan
- Sulit tidur

   Namun, segera bawa anak ke rumah sakit jika Bunda mendapati munculnya beberapa gejala berikut setelah pemberian imunisasi pada anak :
- Anak tidak bangun untuk menyusu
- Anak menangis tanpa henti hingga lebih dari 2 jam
- Mengalam demam tinggi yang tidak wajar selama lebih dari 24 jam
- Anak bernapas dengan cepat

   Sementara itu ada juga reaksi yang cukup jarang terjadi, seperti muntah, mengantuk, dan hilang selera makan. Jadi, sebenarnya demam yang terjadi setelah pemberian imunisasi pada anak adalah reaksi alami yang wajar.Apa yang Bunda bisa lakukan saat anak demam setelah pemberian imunisasi? Buat Bunda yang khawatir akan hal ini, Bunda bisa lakukan hal-hal ini pada anak :
- Berikan anak asupan cairan cukup, bisa dengan memberinya ASI atau air mineral jika ia sudah boleh mengkonsumsinya.
  Demam bisa mengakibatkan terjadinya dehidrasi, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa asupan cairannya terpenuhi.
- Temani sang buah hati, berikan usapan-usapan lembut dan menenangkan, karena anak hanya membutuhkan dekapan dan pelukan hangat ibunya.
- Hindari memakaikan pakaian berlapis pada anak setelah pemberian imunisasi karena akan membuatnya tidak nyaman.
  Ketika demam, tetap pastikan anak mengenakan pakaian yang nyaman, sehingga ia bisa tidur lebih nyenyak setelah imunisasi diberikan.

   Jadi Bunda, jangan khawatir jika sang anak demam setelah pemberian imunisasi, karena ini merupakan reaksi alami oleh tubuh anak. Bunda cukup pastikan sang anak tetap terjaga kesehatannya dan memberikan pendampingan maksimal.

Imunisasi? Ya Imunicare!